CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 16-03-2022 16:38:18 Apa Itu Platform LMS? Berikut Adalah Penjelasannya

Dilihat : kali

Banyak yang ingin tahu apa itu platform LMS yang kini banyak digunakan di instansi pendidikan. Bagi yang belum tahu, silahkan simak artikel berikut supaya dapat memanfaatkannya dengan baik.

Di era pandemi seperti sekarang, mungkin Anda sering mendengar istilah LMS. Lantas apa itu platform LMS? Apa saja kelebihannya dan bagaimana cara menerapkannya? Bagi yang penasaran, silahkan ikuti artikel ini hingga tuntas. 

Sebenarnya nama LMS bukan nama yang baru. E-learning dan LMS sendiri memiliki kesamaan yang sangat menonjol. Keduanya dirancang khusus untuk memudahkan pengajar dan pelajar selama diperlakukannya pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Baca Juga : Apa itu LMS Telkom? Baca Penjelasannya di Sini!

 

Apa Itu Platform LMS Yang Sekarang Sangat Populer

Learning Management System (LMS) secara umum merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membuat, mengatur dan mendistribusikan penyampaian materi pembelajaran.

Sehingga pelajar dan pengajar dapat menerima dan memberikan setiap materi pelajaran dengan mudah. Pasalnya semua aktivitas belajar dan mengajar dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital. 

Baca Juga : 2 Kelebihan Platform Telkom University Online Learning

 

 Fungsi LMS?

Setelah tahu apa itu platform LMS, Anda juga harus tahu fungsi LMS itu sendiri. Sistem LMS secara umum dapat membantu pengajar atau dosen untuk merencanakan serta membuat silabus. Tak hanya itu, digunakan juga untuk mengelola bahan pembelajaran hingga menampilkan transkrip nilai.

Bahkan ada juga pengajar yang memakai platform ini untuk berdiskusi materi pelajaran dan melakukan kuis setiap minggunya. Umumnya, LMS berbasis aplikasi serta platform web, sehingga penggunanya dapat merencanakan proses belajar online dengan mudah.

Kelebihan LMS

Banyak kelebihan yang didapat dari penggunaan LMS untuk pembelajaran. Berikut beberapa kelebihan yang bisa Anda dapat :

  1. Waktu pembelajaran menjadi lebih efisien karena pembelajaran online bisa diakses kapan dan dimana saja.

  2. Biaya menggunakan LMS juga lebih murah dibanding proses pembelajaran tatap muka yang selama ini dilakukan sekolah.

  3. Memudahkan aktivitas kuliah, diantaranya seperti Quiz, upload materi, tugas hingga interactive discussion.

  4. Menjadi alternatif pembelajaran online saat pandemi COVID-19.

  5. Memudahkan dosen untuk mengumpulkan serta menganalisis data perkuliahan mahasiswa.

  6. Memudahkan aktivitas dosen untuk mencari serta mengatur materi kuliah mahasiswa

  7. Biasanya metode pembelajaran LMS menggunakan teknologi informasi seperti gambar, animasi, suara, video, dan teks yang tentunya membuat materi pembelajaran menjadi mudah dipahami dan tidak membosankan.

 Baca Juga : Simak Cara Login LMS Telkom University

 

Sekarang Anda sudah tahu apa itu platform LMS, fungsi dan kelebihannya. Contoh LMS yang paling banyak digunakan di instansi pendidikan adalah Google Classroom. Kunjungi website resmi Telkom University untuk informasi lebih lanjut.

Jurnal Online Universitas Telkom Fakultas Informatika in Bandung

Posting by Admin

Jurnal Online Universitas Telkom Fakultas Informatika in Bandung Free Open Space Education, adalah salah satu layanan Telkom University dalam menyajikan media pembelajaran yang dapat diakses secara cuma-cuma oleh masyarakat luas. Free Open Space Education ini berisi mengenai Materi ajar dan hasil penelitian yang tersedia dalam berbagi media secara terbuka (menerapkan lisensi terbuka) dan bebas biaya untuk diakses. Deng



11 Kali