PendaftaranTelkom UniversityUniversitas di Bandung

9 Kampus Milik BUMN buat Mahasiswa, Prospek Kerjanya Tinggi Halaman all – KOMPAS.com

9 Kampus Milik BUMN buat Mahasiswa, Prospek Kerjanya Tinggi
Tim Redaksi
 
KOMPAS.com – Selain Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan swasta, calon mahasiswa harus tahu ada juga 9 kampus atau perguruan tinggi milik BUMN (Badan Usaha Milik Negara) untuk referensi saat kuliah nanti.
Salah satu keuntungan kuliah di kampus milik BUMN, mahasiswa bisa punya kesempatan magang di perusahaan tersebut saat kuliah.
Adapun 9 kampus milik BUMN ini memiliki mata kuliah yang sudah terstandarisasi dengan perusahaan BUMN. Jadi, karier kamu ke depan pastinya akan lebih cemerlang.
Lalu apa saja perguruan tinggi milik BUMN? Dilansir dari laman resmi masing-masing, ini rinciannya.
1. Universitas Pertamina
Universitas Pertamina adalah perguruan tinggi BUMN di bawah Yayasan Pertamina. Calon mahasiswa bisa memilih prodi sains dan teknologi (saintek) atau sosial dan humaniora (soshum).
Beberapa fakultas di Universitas Pertamina yaitu Teknologi Industri, Komunikasi dan Diplomasi, Sains dan Ilmu Komputer, Perencanaan Infrastruktur.
Baca juga: 15 Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari Perusahaan BUMN
Lalu Teknologi Eksplorasi dan Produksi, serta Ekonomi dan Bisnis. Di setiap fakultas tersebut ada banyak prodi yang terbilang spesifik, misalnya Geopolitik dan Keamanan Energi atau Manajemen Risiko Energi.
2. Telkom University (Tel-U) 
Telkom University atau Tel-U termasuk salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia.
Kampus yang berada di Jawa Barat ini memiliki tujuh fakultas, yakni Fakultas Teknik Elektro, Rekayasa Industri, Informatika, Ekonomi dan Bisnis, Komunikasi dan Bisnis, Industri Kreatif, dan Ilmu Terapan.
Lulusan Tel-U bahkan memiliki prospek kerja tinggi dan sering direkrut banyak perusahaan besar. 
3. Institut Teknologi PLN (ITPLN)
Institut Teknologi PLN dinaungi oleh Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PLN.
Berlokasi di Jakarta, perguruan tinggi ini memiliki sejumlah fakultas yang dibuka. Yaitu Telematika Energi, Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan, Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan, serta Teknologi dan Bisnis Energi.
Baca juga: 10 Jurusan Paling Dicari di Revolusi Industri 4.0, buat Referensi
PLN sendiri termasuk BUMN besar di Indonesia. Jadi, tidak ada salahnya siswa memilih perguruan tinggi ini untuk kuliah.
Meski tak memiliki ikatan dinas, kuliah di kampus ini memberikan setiap mahasiswa skill berskala industri.
4. Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)
Universitas Internasional Semen Indonesia menyelenggarakan perkuliahan dengan pengantar bahasa Inggris. Selain dinaungi oleh BUMN PT Semen Indonesia, mahasiswanya juga berkesempatan magang di Semen Indonesia Group, termasuk di unit kerja luar negeri mereka seperti Semen Thang Long di Vietnam. Tentu prospek kerjanya tinggi. 
Sejumlah prodi yang ditawarkan di sana adalah Desain Komunikasi Visual, Ekonomi Syariah, Akuntansi, Informatika, Manajemen, Sistem Informasi, Manajemen Rekayasa, Teknik Kimia, Teknik Logistik, Teknologi Agroindustri.
Adapun pendaftaran masuk UISI dibuka melalui beberapa jalur, yaitu tanpa tes atau rapor, kemitraan, alih jenjang, dan transfer. Masing-masing jalur seleksi ini juga digolongkan ke dalam dua kategori, yaitu registrasi untuk perkuliahan kelas pagi atau sore.
Baca juga: 20 Jurusan ITB Punya Daya Tampung Terbanyak, Referensi SNPMB 2023
5. Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute)
Institut Teknologi dan Bisnis BRI merupakan sebuah inisiatif dari Manajemen BRI melalui Yayasan BRIlian Indonesia Gemilang (YBIG).
Kampus ini memiliki 5 program studi S1 antara lain:
6. Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP)
Perguruan tinggi yang berlokasi di Purwokerto ini memiliki tiga fakultas, yakni Fakultas Teknik Komunikasi dan Elektro (FTTE), Fakultas Informatika (FIF), dan Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID). Juur
7. Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI)
Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos) dan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Logistik (STIMLOG) milik Bulog, resmi bergabung menjadi ULBI sejak 22 Juni 2022.
ULBI mengelompokkan 15 prodinya ke dalam satu sekolah dan satu fakultas yakni:
Sekolah Vokasi
Baca juga: Mahasiswa Ingin Liburan Akhir Tahun? Ini 5 Destinasi Anti Mainstream
Fakultas Logistik, Teknologi, Bisnis 


8. IT Telkom Jakarta (ITTJ)
Institut Teknologi Telkom Jakarta di bawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia, berlokasi di Jakarta, Fakultas Teknik sebagai fakultas pertama ITTelkom Jakarta memiliki 4 Program Studi. Antara lain:
9. IT Telkom Surabaya (ITTS)
IT Telkom Surabaya di bawah naungan BUMN PT Telekomunikasi Indonesia berkedudukan di Surabaya, memiliki banyak program studi menarik yang bisa dipilih. Yakni:
Baca juga: Lowongan Kerja di Dental City bagi Lulusan SMA/SMK, Ini Cara Daftarnya
Itulah 9 kampus milik BUMN yang punya prospek kerja tinggi buat mahasiswa. Cobalah mendaftar, karena masing-masing kampus memiliki beasiswa. 

Copyright 2008 – 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

source

PuTI

https://it.telkomuniversity.ac.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button