Penelitian & Pengabdian MasyarakatTelkom University

FEB Telkom University Taja Pelatihan Peningkatan Kualitas Pendidikan Berbasis Digital Bagi Siswa SMK YPPS … – Nada Riau

Bandung (Nadariau.com)-Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University menaja kegiatan pengabdian masyarakat dengan skema kolaborasi dengan Fakultas Komunikasi dan Bisnis serta Fakultas Ilmu Komunikasi, Telkom University. Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Juli 2022 dengan memberikan materi kepada siswa SMK YPPS Sumedang guna mendukung peningkatan pendidikan berbasis digital. Dr. Nidya Dudija, S.Psi., M.A sebagai ketua pelaksanaan menjelaskan, literasi digital sangat diperlukan dalam penguasaan dan penggunaan teknologi sejalan dengan Transformasi digital secara dramatis beberapa tahun belakangan ini. Salah satu komponen dalam lingkungan akademis dan pembelajaran literasi digital merupakan hal yang memiliki tingkat urgensi yang tinggi untuk diberikan kepada siswa sekolah saat ini. Dengan begitu tema kegiatan ini adalah “Peningkatan Kualitas Pendidikan Berbasis Digital Bagi Siswa SMK YPPS Pariwisata Sumedang Utara Kabupaten Sumedang”.
“Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini khususnya yang diberikan kepada siswa dengan memberikan manfaat dan kemampuan untuk memahami informasi, meningkatkan kemampuan individu, dan kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas dan tepat guna,” tutur Dr. Nidya.
Uraian tambahan dari ketua pelaksana, sebagai perguruan tinggi yang mempunyai visi yang berperan aktif dalam pengembangan teknologi, sains dan seni yang berbasis teknologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Komunikasi Bisnis, Telkom University secara bersama-sama berperan aktif dalam kemajuan tersebut salah satunya adalah melalui konstribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang berbasis digital bagi siswa. Kegiatan ini dirancang untuk memperkenalkan konsep digital pada aspek keuangan, literasi TIK, pemasaran, manajemen perkantoran, motivasi & pengembangan diri serta publik speaking untuk siswa di SMK pariwisata YPPS di Sumedang dalam bentuk pemberian materi pelatihan dan pendampingan.
Hasil dari pelaksanaan pengabdian masyarakat yang telah dilakukan di SMK YPPS Siswa berjalan sesuai rencana yang telah ditentukan. Daftar hadir siswa yang mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat “peningkatan kualitas pendidikan berbasis digital” sejumlah 87 orang. Output dari kegiatan ini berupa materi financial literacy, literasi TIK, motivasi diri dan pengenmbangan diri. Untuk evaluasi pelaksanaan tim dosen memberikan kuesioner yang wajib diisi oleh siswa diakhir sesi pelatihan. Hasil kuesioner menunjukan 90% siswa dapat mengoperasikan handphone dengan baik, dan faham mengenai e-commerce.
Yang menjadi landasan pemilihan SMK YPPS pariwisata ini adalah didasarkan pada rendahnya literasi digital dikalangan siswa serta belum adanya penerapan sistem digitaliasi yang terintegrasi dan membutuhkan dukungan dari pihak luar khususnya dalam aspek praktisi. Pelatihan ini diharapkan dapat menambah pembekalan kepada siswa untuk menyiapkan diri menjadi sumber daya manusia dengan kemampuan literasi digital yang baik.
“Harapan dari pelatihan ini memiliki luaran sebagai konsep dan penerapan digital secara bijak oleh siswa untuk meningkatkan kualitas dan daya saing siswa yang ada di Kabupaten Sumedang. Dikarenakan peserta didik merupakan salah satu penentu keberhasilan negara Indonesia kedepannya”, tutup Dr. Nidya. (Rls)

source

PuTI

https://it.telkomuniversity.ac.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button