PrestasiTelkom UniversityUniversitas di Bandung

Mahasiswa IT Telkom Purwokerto Tembus Kampus Unggulan Internasional Melalui Beasiswa IISMA 2023 – Tribun Jateng

TRIBUNJATENG.COM – Dua mahasiswa IT Telkom Purwokerto berhasil lolos program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023. Mimpi berkuliah di luar negeri menjadi kenyataan bagi Chintya Tyo Siahaan (S1 Rekayasa Perangkat Lunak) dan Widdhi Meivian (D3 Teknik Telekomunikasi) mahasiswa semester 3 ITTP yang baru saja diterima di program IISMA pada 14 April 2023.
IISMA merupakan program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar selama satu semester di luar negeri. Program ini diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) guna mendukung program merdeka belajar kampus merdeka yang dicetuskan oleh Nadiem Makarim selaku Mendikbud Ristek.
Chintya Tyo Siahaan berhasil lolos di Nanyang Technological University Singapura. Sementara, Widdhi Meivian berhasil lolos di International of Sciences of Sciences Germany. Mereka berdua lolos IISMA di kampus bergengsi dunia dan akan menjalani kuliah di semester ganjil nanti. Chintya dan Widhi menjadi salah satu dari 2.500 mahasiswa Indonesia yang akan diberangkatkan ke luar negeri.
Kantor Urusan Internasional (KUI) IT Telkom Purwokerto berperan penting mengantarkan 2 mahasiswa ini berhasil lolos IISMA 2023. Dimana KUI sebagai lembaga yang memfasilitasi mahasiswa dalam pertukaran mahasiswa internasional. KUI mengadakan sharing session dengan mengundang awardee IISMA 2022 di University Of Adelaide, Australia. Serta memberikan sosialisasi tentang IISMA bagi mahasiswa ITTP.
Kepala Kantor Urusan Internasional, Andreas Rony Wijaya , S.Mat.,M.Sc mengaku sangat bangga dengan capaian dua mahasiswa ITTP yang telah lolos IISMA. Dia berharap agar prestasi ini menjadi pemantik bagi mahasiswa ITTP yang lain untuk bisa bersaing dengan mahasiswa dari berbagai macam kampus untuk mengikuti program pertukaran mahasiswa internasional seperti IISMA dan lainnya.
Beberapa tahapan yang dilalui dari proses IISMA itu sendiri adalah pengumpulan berkas, tes bahasa inggris, pembuatan esai, hingga wawancara.
Chintya salah satu penerima awardee IISMA mengakui termotivasi dari awardee IISMA 2022 yang mengisi sharing session yang diadakan oleh KUI ITTP. Atas motivasi inilah Chintya mulai mencari informasi dari berbagai macam sosial media IISMA.
“Belajar di negeri lain, walau hanya sebentar, pasti menjadi titik balik dalam kehidupan seseorang. Memang prosesnya panjang dan menguras begitu banyak waktu, tenaga, pikiran, bahkan materi, namun hasilnya sangat membanggakan dan memuaskan. Ilmu yang diperoleh dari waktu yang singkat itu pasti akan membayarkan semua usaha yang telah dikerahkan.” Ucap Chintya.
Chintya, juga berharap teman-teman mahasiswa IT Telkom Purwokerto akan memperoleh manfaat yang sangat banyak lewat program pertukaran pelajar seperti IISMA. Terkhususnya saya harap setelah ini semakin banyak mahasiswa ITTP yang tertarik untuk mengikuti program pertukaran pelajar seperti IISMA, ICT, bahkan PMM, selagi ada kesempatan dari program kampus merdeka.
“Kampus ITTP sangat suportif dan pasti akan terus mendukung teman-teman dalam proses ini. Saya harap perjalanan saya dapat menambah semangat teman-teman untuk terus belajar dan berproses selama di kampus” tutup Chintya. (*)

source

PuTI

https://it.telkomuniversity.ac.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button