P2MD Dosen dan Mahasiswa Telkom University, Meningkatkan Ketahanan dan Memberdayakan Masyarakat Desa Lamajang – Kompasiana.com – Kompasiana.com
Saya senang mengikuti lomba dan berorganisasi
Selanjutnya
Tutup
Link Website: https://desawisatalamajang.com/
Kabupaten Bandung – Desa wisata merupakan desa yang mendukung pertumbuhan ekonomi desa, melestarikan budaya dan alam, serta memberikan pengalaman positif bagi wisatawan. Sering kali menawarkan berbagai kegiatan, atraksi, akomodasi, dan kuliner yang khas dari daerah tersebut.
Manajemen desa wisata yang diwakili oleh pengurus yang berasal dari masyarakat setempat sangat berperan bagi kemajuan desa wisata itu sendiri.
Padahal dalam mengelola desa wisata sendiri tidaklah mudah, diperlukan keterampilan agar dapat tumbuh berkembang serta dikenal wisatawan dari luar daerah maupun wisatawan mancanegara .
Di era digital yang terus berkembang, perkembangan teknologi memudahkan kita dalam berbagai aspek, termasuk dalam konsep pemasaran yang dapat dilakukan dalam berbagai platform digital. Salah satunya dengan memanfaatkan website dan media sosial untuk memasarkan Desa Wisata dan UMKM agar dapat memberdayakan masyarakat desa.
Sepuluh mahasiswa Fakultas Ilmu Terapan Telkom university mengembangkan Website untuk Desa Wisata Lamajang beserta UMKM Desa Lamajang. Website ini dapat memudahkan para wisatawan untuk berkunjung dan menikmati wisata yang ada di Desa Lamajang dengan berbagai wisata seperti, wisata alam dan wisata budaya.
Website ini merupakan hasil kolaborasi tim mahasiswa, yakni Inez Nafrila (D3 Manajemen Pemasaran), Beata Winantya (D3 Manajemen Pemasaran), Putri Ustine Yunisa Hasibuan (D3 Manajemen Pemasaran), Hasna Luthfiyah (D3 Manajemen Pemasaran), Faisa Samdya Putra (D3 Manajemen Pemasaran), Ganendra Aryakumara (D3 Manajemen Pemasaran), Sonia Humaida (D3 Manajemen Pemasaran), Muhamad Harsya Sadin (D3 Sistem Informasi), I Made Lanang Ary Wisana (D3 Sistem Informasi), Widya Dewi Puspita (D3 Sistem Informasi), yang di bimbing langsung oleh dosen Dr. Donni Junipriansa, S.Pd., S.E., M.M., QWP. Website desawisatalamajang.com saat ini berkembang melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) Telkom University yang memperoleh dana dari Kemendikbudristek.
Ketua Tim P2MD, Inez Nafrila menjelaskan website ini bertujuan untuk memudahakan wisatawan untuk mendapatkan informasi dari Wisata yang ada di desa yang masih mengangkat nilai sejarah maupun ke indahan alam sekitar.
“Website ini memungkinkan para wisatawan dengan mudah mencari informasi terkait makanan khas dan wisata budaya maupun wisata alam yang ada di daerah Bandung. Ini sangat berguna untuk masyarakat desa agar meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Lamajang, karena Desa Lamajang memiliki potensi wisata berbasis sumber daya alam. Hal tersebut tampak dari adanya lokasi untuk wisata arung jeram, situs sejarah, serta museum dan cagar budaya. Selain itu, desa ini juga menyediakan makanan dan kuliner khas, serta berbagai kerajinan tangan, yang dikelola melalui UMKM yang memberdayakan masyarakat. Namun, desa ini belum mampu mengembangkan diri sebagai desa wisata yang optimal jika dilihat dari aspek kemampuan pemasarannya (marketing), terutama mengemas desanya sebagai destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi oleh wisatawan, sehingga tingkat kunjungan ke desa wisata belum mengalami kenaikan yang signifikan, padahal kenaikan jumlah wisatawan akan berdampak pada pendapatan desa, pemberdayaan masyarakat, serta ketahanan desa,” ungkap Inez.
Ketiga tim website, Lanang, Harsya dan Widya, menambahkan bahwa untuk menciptakan website yang kreatif dan inovatif dengam membuat design yang menarik dan mudah dipahami pengguna. Dengan berbagai konsep dimana ini untuk memudahkan wisatawan sebagai konsumen untuk mencari informasi dan harga paket wisata dan pihak yang mengelola web sebagai produsen untuk upload konten terkait wisata yang ada. desawisatalamajang.com merupakan website yang dapat digunakan melalui handphone maupun komputer dengan tampilan yang menyesuaikan pengguna dengan optimal.