Penelitian & Pengabdian MasyarakatTelkom University

Telkom Dukung Pencapaian SDGs Melalui Program Sociopreneurship Innovillage – Radarbandung.id

RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Innovillage 2022 yang hadir sebagai Kompetisi sociopreneurship muda di bidang teknologi dan digital, telah mencapai babak akhir dengan tema “Young Heroes in Action” #DigitalUntukSemua.
Program ini tersebar di seluruh Indonesia dan telah menghasilkan berbagai karya inovasi yang membawa dampak kebermanfaatan nyata di tengah-tengah masyarakat.
Dalam Anugrah Innovillage 2022 ini yang dilaksanakan secara hybrid disiarkan langsung dari Auditorium Gedung Damar Telkom University dan secara virtual, Tim mahasiswa dengan judul social project Automatic Tea Garden Watering dengan Energi Terbarukan (Panel Surya) untuk Mempermudah Produktivitas Petani Perkebunan Teh di Provinsi Jawa Barat terpilih menjadi Best of the Best.
Direktur Human Capital Management PT Telkom Indonesa Afriwandi menyerahkan langsung piala penghargaan serta apresiasi berupa beasiswa pendidikan dan pengembangan social project ke depannya dengan total senilai 75 juta rupiah.
Selain best of the best, terpilih juga best kategori mulai dari kategori best digital economic solution, best digital social solution, best appropriate technology solution, best green conservation, best community engagement dan local hero. Dengan total hadiah best category 45 juta, 1st runner up 30 juta, dan 2rd runner up 15 juta.
Adapun mahasiswa penerima apresiasi berasal dari Universitas Gadjah Mada, Telkom University, Universitas Pendidikan Ganesha, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia, Universitas Hasanuddin, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan Universitas Jember.
Sinergitas Industri dan Perguruan Tinggi melalui penguatan program pengabdian masyarakat oleh mahasiswa berperan penting dalam mendorong inovasi dan digitalisasi untuk kesejahteraan serta kemajuan masyarakat Indonesia.
Program Innovillage diinisiasi sejak tahun 2020 saat kondisi pandemi Covid-19, Innovillage hadir sebagai kompetisi Social Project dalam menghasilkan sociopreneur muda teknologi dan digital. Serta wujud nyata implementasi program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Kegiatan Innovillage 2022 yang diluncrukan sejak Agustus 2022 dengan tema “Empowering Young Sociopreneur for National Development” dan tagline #DigitalUntukSemua. berlangsung sejak Agustus 2022, dengan jumlah peserta pendaftar 1.442 mahasiswa, 308 Dosen Pedamping, 468 Tim Mahasiswa yang berasal dari 120 Perguruan Tinggi se Indonesia.
Setelah melalui proses seleksi terpilih Top 150 Social Project dengan total pendanaan 2,25 Miliar dari PT Telkom indonesia untuk selanjutnya melaksanakan tahap implementasi.
150 Social Project ini tersebar di seluruh Indonesia, di 25 Provinsi dari Aceh sampai Papua dengan berbagai macam bidang inovasi dan kemajuan teknologi yang kemudian selama 50 hari melaksanakan proses implementasi serta berinteraksi di desa di tengah-tengah masyarakat.
Momen puncak ini juga dihadiri langsung Rektor Telkom University Prof Adiwijaya, Ketua Dewan Kehormatan Forum Rektor Indonesia Prof Panut Mulyono, Rektor/Pimpinan Perguruan Tinggi se Indonesia khusus peserta Innovillage 2022, Senior Leader Telkom Group, Andi F Noya dan para peserta mahasiswa bersama dosen pendamping.
Kompetisi innovillage 2022 ini membuktikan komitmen Telkom Indonesia bersama Perguruan Tinggi dalam menghasilkan talent-talent digital masa depan serta wujud nyata dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) sehingga membawa banyak dampak nyata bagi masyarakat, ekonomi dan lingkungan, pungkas CHCO Telkom. (*)
Iklan RB Display B

2 jam yang lalu

3 jam yang lalu

4 jam yang lalu
Iklan RB Display C

24 jam yang lalu

Minggu, 24 Desember 2023

Senin, 18 Desember 2023

Minggu, 17 Desember 2023

Kamis, 14 Desember 2023

Kamis, 14 Desember 2023
Iklan RB Display D

source

PuTI

https://it.telkomuniversity.ac.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button