Telkom UniversityUncategorized @idUniversitas di Bandung

Prodi Administrasi Bisnis Tel-U Jaring Kreativitas Industri Internasional pada IEFBA 2023 – Wisesa Media

Wisesa Media
Faktual & Inspiratif
BANDUNG – Bonus demografi diprediksi membawa angin segar bagi Indonesia. Indonesia digadang-gadang menjadi salah satu center of economic dunia pada 2045. Meski begitu, hingga hari ini angka pertumbuhan skill (keterampilan) masyarakat Indonesia terbilang masih rendah, khususnya pada digital entrepreneurship yang masih di bawah 10%.  
Hal itu pula yang membuat Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi (Prodi) Administrasi Bisnis Fakultas Komunikasi dan Bisnis (Adbis FKB) Telkom University gencar menyuarakan serta melatih skill entrepreneur bagi mahasiswa dan usaha mikro kecil menengah (UMKM), khususnya gamification industry suatu proses pembelajaran melalui penggunaan berbagai komponen game (gamifikasi).
Tepatnya pada Sabtu (28/10/2023) lalu, Hima Adbis menggelar International Festival of Business Administration (IEFBA) 2023 yang bertujuan untuk memberikan semangat berwirausaha secara digital melalui konsep marketing 5.0.
“Melalui perlombaan pada IEFBA ini, kami menjaring kreativitas berbagai jenis usaha di seluruh Indonesia dan dunia salah satunya dari Jepang dan Rusia. Ide yang dihadirkan pun beragam dan menyasar segmen-segmen khusus, seperti business plan competition milik Tim Zens yang menyasar masyarakat disabilitas,” ujar Syahputra PhD., Kepala Prodi Administrasi Telkom University.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ayub Ilfandy Imran, B.Sc., M.Sc.PHd selaku Wakil Dekan 2 Fakultas Komunikasi Bisnis. Menurut Ayub, IEFBA tahun ini mengambil tema besar “Good Game” yang dapat menjadi wadah internasional untuk menambah wawasan bagaimana peluang pekerjaan gamification industry baru khususnya bagi para civitas akademika. Kegiatan ini menjadi ide kreatif entrepreneur untuk mendukung program Telkom University menjadi World Class University.
IEFBA mempunyai dua tahapan event, yaitu pra-event dengan dan main event. Pra-event menghadirkan tiga jenis lomba yaitu mobile legend competition, business plan competition, dan entrepreneurial video competition yang dilaksanakan selama satu bulan penuh mulai dari September sampai Oktober dan dilaksanakan secara hybrid, offline, dan online.
“Setelah mendapatkan talenta terbaik dari UMKM dan mahasiswa yang terjaring dalam pra-event, kami pun menggelar main event kegiatan seminar yang bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober di Telkom University,” ungkap Desdia selaku ketua pelaksana kegiatan IEFBA 2023.
Seminar tersebut menyajikan beberapa pembicara dari latar belakang berbeda yakni Najel Mornov (Pro Player Gamers); Rohmat Risnandi (Esport Production and Operation Manager Moonton Indonesia); Rezaly Surya (Manager ESport Telkomsel); dan dimoderatori oleh Rajiv Dharma Mangruwa DBA.
IEFBA 2023 sukses digelar disponsori oleh perusahan terkemuka yakni Pertamina, Sari Roti, Delfi, Telkomsel, dan Markplus. Kegiatan ini mendapat sambutan yang baik karena sedikitnya 1.058 peserta yang terdiri dari 312 peserta memadati venue dan 746 peserta yang mengikuti streaming pada YouTube IEFBA2023. Kegiatan ditutup dengan pemberian sertifikat kepada narasumber yang diberikan oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Komunikasi dan Bisnis Dr Freedy Yusanto. (slamet parsono)
Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *







source

PuTI

https://it.telkomuniversity.ac.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button