Penelitian & Pengabdian MasyarakatTelkom University

Universitas Telkom Gandeng Komunitas Otomotif untuk Lakukan Community Development – Wartakota

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Universitas Telkom melakukan kegiatan bersama dengan komunitas otomotif club mobil mercy melakukan kegiatan community development berupa workshop dan talkshow.
Dosen Digital Public Relations, Universitas Telkom Razie Razak mengungkapkan institusi pendidikan perlu memberi dukungan terhadap komunitas seperti yang dilakukan baru-baru ini.
“Kita perlu memberikan dukungan kepada masyarakat dengan community development berupa workshop, talkshow dan coaching kepada komunitas otomotif di Indonesia,” ungkap Razie, berdasar keterangan, Selasa (10/1/2023).
Berdasar tanggung jawab tridharma perguruan tinggi, Universitas Telkom melaksanakan peran untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat secara rutin dan berkala.
“Bentuk pelaksanaan community development merupakan bukti nyata kontribusi perguruan tinggi kepada pada masyarakat,” kata Razie.
Baca juga: BPOM  Pastikan Produk Sirup dan Suplemen Kesehatan SOHO Aman dari Cemaran EG dan DEG
Adapun Community Development yang dilakukan dengan menekankan kepada community relation dan media relations.
“Community Relations dilakukan dengan tiga tahapan yaitu membangun relasi, memelihara relasi dan mempertahankan relasi kepada komunitas,” jelas Razie.
Membangun relasi dengan mencari informasi pendukung mengenai kebutuhan dari komunitas. Selanjutnya, memelihara relasi dengan melakukan komunikasi simetris dengan komunitas.
Pada akhirnya mempertahankan relasi dengan melakukan dialog untuk menuju perubahan yang berkontribusi pada masyarakat sekitar.
Ketua Umum Brothers Benz Indonesia Sani Afdhaluddin mengatakan adanya community relations, kegiatan community development akan terlaksana dengan maksimal.
Baca juga: Usai Bela Timnas Indonesia, Marc Klok, Ricky, dan Rachmat Absen Perkuat Persib Saat Kontra Persija
Selain itu pihaknya sebagai perwakilan dari komunitas Club Mercy merasa terbantu dengan adanya kegiatan community development yang dilakukan oleh Universitas Telkom.
“Dengan adanya kegiatan ini kami mendapat pengetahuan mengenai melakukan berbagai kegiatan yang dibutuhkan masyarakat seperti kegiatan sosial,” ungkap Sani.
Dosen Universitas Telkom Amalia Djuwita mengatakan pada kegiatan club otomotif yang berkaitan pada dampak sosial ekonomi dan budaya perlu dipublikasikan kepada masyarakat.
“Komunitas memerlukan media relations untuk publikasikan kegiatannya kepada publik, dengan adanya publikasi akan memberikan citra positif terhadap kegiatan komunitas club otomotif,” ujar Amalia.
Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

source

PuTI

https://it.telkomuniversity.ac.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button